in

Profil Sejumlah Pejabat Maluku Utara yang tersebut Terjaring OTT KPK

Profil Sejumlah Pejabat Maluku Utara yang mana yang dimaksud Terjaring OTT KPK

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap 15 orang pejabat tempat Maluku Utara pada Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang mana dilaksanakan pada Senin, 18 Desember 2023. Sejumlah pejabat ini ditangkap di tindakan hukum dugaan korupsi jual-beli jabatan lalu pengadaan barang lalu jasa.

Juru bicara KPK Ali Fikri mengumumkan di tempat antara 15 orang yang digunakan ditangkap, adalah Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba.

“Sejauh ini sekitar lebih banyak dari 15 orang yang digunakan ditangkap baik di dalam Ibukota Selatan maupun di dalam kota Ternate. Di antaranya benar Gubernur Maluku Utara lalu beberapa pejabat lainnya dan juga pihak swasta,” kata Juru Bicara KPK Ali Fikri untuk Tempo, Selasa, 19 Desember 2023.

Ali mengungkapkan pada waktu ini regu penyidik KPK masih melakukan permintaan keterangan terhadap para pihak yang digunakan ditangkap. “Selengkapnya akan kami ungkapkan pasca menjamin seluruh proses kegiatan selesai,” ujarnya.

Berikut ini adalah profil pejabat Maluku Utara yang dimaksud ditangkap KPK 

1. Abdul Gani Kasuba (Gubernur Maluku Utara)

Lahir 21 Desember 1951. Ia menjabat Gubernur Maluku Utara selama dua periode yaitu pada 2014–2019 juga 2019–2024. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Gubernur Maluku Utara periode 2008–2013 serta Anggota DPR RI Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada periode 2004-2007. 

Ia sempat mendapatkan sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada waktu menerbitkan 13 Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang tersebut diduga bukan sesuai prosedur. Abdul Gani Kasuba sendiri dilaporkan miliki total kekayaan sebesar lebih lanjut dari Simbol Rupiah 6,4 miliar.

2. Imran Yakub (Kepala Dinas Pendidikan dan juga Kebudayaan Provinsi Maluku Utara)

Lahir 31 Juni 1966. Ia dilantik menjadi Kepala Kepala Dinas Pendidikan dan juga Kebudayaan Provinsi Maluku Utara pada Hari Jumat 10 November 2023. Pernah menjabat kepala Dinas Pendidikan pada 2013 sebelum kemudian dicopot lantaran terseret tindakan hukum korupsi penyalahgunaan Anggaran BSM (beasiswa siswa miskin) sebesar 14 miliar pada tahun 2010. Pada perkara itu Imran divonis bebas dan juga kemudian dilantik kembali menjadi Kepala Dinas Pendidikan pada 2016.

Imran kembali dicopot dari jabatan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara setelahnya lagi-lagi terseret pada persoalan hukum korupsi pengadaan kapal Nautika (simulator) Kapal Penangkap Ikan dalam tiga SMK tahun 2019 dengan total anggaran Rupiah 3,2 miliar. Pada perkara ini pun Imran divonis bebas. 

Ia sempat tiada menjabat selama setahun sebelum kemudian ditunjuk kembali menjadi Kepala Dinas Pendidikan lalu Kebudayaan pada 10 November 2023. 

3. Daud Ismail (Kepala Dinas PUPR Maluku Utara)

Dilantik menjadi kepala dinas PUPR Provinsi Maluku Utara pada Selasa 6 Juni 2023. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lingkup Bina Marga pada Dinas yang mana sama. Pelantikan sebagai Kepala Dinas sempat mendapatkan sorotan lantaran dijalankan pada kediaman Sekretaris Daerah Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir dalam Ternate.

Saat ini ia menangani Mata Uang Rupiah 503 miliar proyek multiyears yang tersebut tersebar pada 9 Wilayah Kota. Ia sendiri dilaporkan semata-mata memiliki total kekayaan sebesar 300 juta.

4. Ridwan Asran (Kepala Biro Pengadaan Barang dan juga Jasa)

Dilantik menjadi Kepala Biro Pengadaan Barang lalu Jasa Provinsi Maluku Utara pada Selasa 12 Desember 2023. Ia sebelumnya Sekretaris Dinas Kelautan juga Perikanan lalu Kelautan Provinsi Maluku Utara.

BUDHY NURGIANTO

Sumber : Tempo

Written by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Mayor Teddy Indra Wijaya, TNI Aktif Ada pada Barisan Pendukung Prabowo-Gibran Saat Debat Capres, Siapa Dia?

Mayor Teddy Indra Wijaya, TNI Aktif Ada pada Barisan Pendukung Prabowo-Gibran Saat Debat Capres, Siapa Dia?

Urawa Reds vs Manchester City pada Piala Planet Antarklub 2023, Pep Guardiola Memilih Waspada

Urawa Reds vs Manchester City dalam Piala Planet Antarklub 2023, Pep Guardiola Memilih Waspada