in

Persib Bandung Mengubah Hari Lahirnya, Ini adalah Penjelasannya

Persib Bandung Mengubah Hari Lahirnya, Hal ini adalah Penjelasannya

JakartaPersib Bandung, klub sepak bola Indonesia yang mana berbasis pada Perkotaan Bandung, Jawa Barat, sudah pernah mengumumkan inovasi hari lahir klub dari 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919.

PERSIB, singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung, mempunyai sejarah panjang sebagai salah satu partisipan terkemuka di dalam Kejuaraan 1 Indonesia. Transformasi menjadi klub profesional pada 9 September 2009 pada bawah pengelolaan PT PERSIB Bandung Bermartabat menandai era baru pada sejarah klub.

Dilansir dari laman persib.co.id, pengumuman yang dimaksud diadakan secara langsung oleh direktur utama PT PERSIB Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita, pada Minggu, 17 Desember 2023, setelahnya menerima hasil riset dari Tim Peneliti Hari Jadi PERSIB yang tersebut diketuai oleh Guru Besar Fakultas Pengetahuan Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Kunto Sofianto di area Graha PERSIB.

Menurut Prof Kunto, riset dilaksanakan untuk menjawab keraguan yang mana muncul selama satu dekade terakhir. Para pegiat literasi, jurnalis, lalu penggemar Persib (Bobotoh) menggugat ketiadaan bukti otentik yang membantu penetapan 14 Maret 1933 sebagai hari lahir klub.

Tim peneliti, yang dimaksud bekerja dengan sumber primer juga sezaman, menyimpulkan bahwa 5 Januari 1919 adalah tanggal yang digunakan lebih besar tepat. Berdasarkan hasil riset, tanggal 5 Januari 1919 dipilih sebagai hari lahir PERSIB akibat momen kesepakatan pada rapat ke-13 klub pribumi di dalam Bandung.

Klub-klub ini, seperti KBS, BB, STER, Diana, Zwaluw, BIVC, BVC, KVC, VVC, Visser, NVC, Brom, lalu Pasar Ketjil, menyepakati untuk membentuk perserikatan bernama Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond (BIVB).

Sebelumnya, Persib Bandung merayakan hari jadinya setiap tanggal 14 Maret. Namun, penetapan tanggal yang disebutkan bukan berdasarkan fakta sejarah (ahistoris) apabila dikaitkan dengan peran BIVB pada proses pembangunan PSSI pada tanggal 19 April 1930.

Sebagai salah satu pendiri PSSI, Persib Bandung harus lahir terlebih dulu dari yang mana dilahirkannya. Oleh dikarenakan itu, penetapan tanggal 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib Bandung merupakan hasil interpretasi yang paling logis sebab didukung oleh fakta sejarah yang digunakan kuat (primer).

“Setelah melintasi langkah-langkah ilmiah yang mana lumayan panjang, termasuk uji umum melalui Focus Group Discussion (FGD) secara terbuka, kami berkeyakinan untuk menyimpulkan bahwa tanggal 5 Januari 1919 bisa jadi dijadikan sebagai hari jadi PERSIB,” kata Kunto.

Glenn T. Sugita menyampaikan apresiasi terhadap Tim Peneliti Hari Jadi PERSIB melawan kerja keras mereka.

“Tentunya, saya komunikasikan terima kasih untuk pihak-pihak yang dimaksud sudah pernah membantu kami di mewujudkan penelitian hari jadi PERSIB. Semoga keraguan atau keresahan rakyat yang dimaksud ada sebelumnya, sekarang dapat terjawab,” katanya.

Pilihan Editor: Persib Bandung U-17 lalu Persija U-17 Berjumpa pada Semifinal Nusantara Open 2023, Laga Digelar Tertutup

Sumber : Tempo

Written by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Oxford United, Klub Milik Erick Thohir juga Anindya Bakrie, Merangkak ke Tiga Besar League One

Oxford United, Klub Milik Erick Thohir juga Anindya Bakrie, Merangkak ke Tiga Besar League One

Daftar Lengkap Provinsi Indonesia

Daftar Lengkap Provinsi Indonesia