in

Penyebab Tabrakan Kereta di area Cicalengka, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Tunggu Investigasi KNKT

Penyebab Tabrakan Kereta di area area Cicalengka, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Tunggu Investigasi KNKT

Bandung – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendatangi lokasi kejadian kecelakaan tabrakan kereta api Commuterline rute Padalarang-Cicalengka dengan KA Turangga di tempat jalur petak berjarak sekitar 800 meter dari Stasiun Cicalengka, Kota Bandung, hari terakhir pekan pagi, 5 Januari 2024. 

“Kami Kapolda, kemudian Pangdam, meninjau kondisi ini kereta lokal kemudian kereta Turangga, di dalam kereta Turangga ada 287 penumpang, dalam KRD Bandung Raya ada 191, semua penumpang berhasil dievakuasi,” ucap Bey Machmudin dalam lokasi kejadian, Jumat, 5 Januari 2024.

Bey mengungkapkan telah menyiapkan enam rumah sakit untuk perawatan korban insiden tabrakan kereta api tersebut. “Kami menyiapkan 6 rumah sakit, RSUD Cicalengka, Puskesmas Cicalengka, Puskesmas Rancaekek, RS AMC, RS Harapan Keluarga, juga RSKK. Sebanyak 24 korban luka ada di dalam RSUD, 2 Di Puskesmas Cicalengka, juga 2 di tempat RS KK, satu korban jiwa di dalam RSUD,” katanya. 

Disinggung faktor kecelakaan tersebut, Bey mengaku masih mengantisipasi berdasarkan hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). “Kalau untuk penyulut kecelakaan masih mengawaitu dari KNKT,” ucapnya. 

KNKT sendiri baru melakukan investigasi insiden kecelakaan kereta api tersebut. Beberapa petugas KNKT tampak mulai melakukan pemeriksaan dalam area lokasi kejadian sekitar pukul 15.30 WIB. 

Sementara itu, perkembangan jumlah total korban meninggal akibat insiden yang disebutkan berjumlah empat orang, dengan rincian masinis juga asisten masinis KA Commuterline juga pramugara KA Turangga yang baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 13.27 WIB. Sementara satu orang korban yang dimaksud belum berhasil dievakuasi yakni sekuriti PT KAI.

“Dari total 287 penumpang KA Turangga dan juga 191 penumpang KA Commuterline, cuma 37 yang mengalami luka ringan juga telah mendapat perawatan di tempat RSUD Cicalengka, AMC Cileunyi, juga RS Edelweis, dan juga RS Santosa,” kata Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanafi.

Pilihan Editor: Tabrakan KA Turangga serta Commuter Line Bandung, Satu Gerbong Anjlok hingga ke Sawah

Sumber : Tempo

Written by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Gebyar Diskon Remisi Napi Korupsi Sepanjang 2023, Terakhir Rombongan Juliari Batubara Dikorting 1 Siklus

Gebyar Diskon Remisi Napi Korupsi Sepanjang 2023, Terakhir Rombongan Juliari Batubara Dikorting 1 Siklus

Tim Prabowo-Gibran Terus Suarakan Meraih kemenangan Satu Putaran, Siapa Saja yang tersebut digunakan Yakin?

Tim Prabowo-Gibran Terus Suarakan Meraih kemenangan Satu Putaran, Siapa Saja yang digunakan Yakin?