in

Lingkar Kehidupan Thomas Lembong, Dulu Penasihat Jokowi Sejak Gubernur DKI kemudian Capres, Berulang Bersama Anies Baswedan

Lingkar Kehidupan Thomas Lembong, Dulu Penasihat Jokowi Sejak Gubernur DKI kemudian Capres, Berulang Bersama Anies Baswedan

Jakarta – Thomas Trikasih Lembong atau Thomas Lembong ditunjuk sebagai Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN). Orang dekat Anies ini dulunya ternyata merupakan kepercayaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sebelum menyeberang ke kubu Koalisi Perubahan, Thomas memulai karier politiknya bersatu Jokowi ketika Eks Wali Perkotaan Solo itu mencoba peruntungan progresif sebagai Calon Gubernur atau Cagub DKI Jakarta. Tom, sapaannya, disebut punya andil sebagai kelompok pemenangan Jokowi pada waktu itu. Ketika Jokowi jadi Gubernur, beliau kemudian ditunjuk sebagai penasihat ekonomi serta penulis pidatonya.

Saat Jokowi progresif sebagai calon presiden atau capres pada Pilpres 2014, Tom juga ada pada belakang Jokowi sebagai pendukung. Thomas, yang digunakan berlatar sebagai wirausahawan kemudian pemodal ini kemudian ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan pada waktu reshuffle kabinet pada 2015. Thomas menjabat hingga 2016 sebelum lalu ditunjuk sebagai Ketua Badan Sinkronisasi Penanaman Modal (BKPM), pada masa kini Menteri Investasi, sampai 2019.

Thomas merupakan orang di tempat balik layar penulisan pidato Jokowi yang digunakan ikonik. Dua di tempat antaranya adalah pidato “Game of Thrones” pada konferensi IMF-Bank Planet di area Bali pada 2018, serta pidato “Thanos” dalam Diskusi Kondisi Keuangan Dunia. Namun, sejak tak lagi menjabat sebagai Menteri Investasi, Thomas menghilang dari daftar pembantu pemerintahan Joko Widodo.

Pada 2021, nama Thomas Limbong muncul lagi kala Gubernur DKI Ibukota Indonesia Anies Baswedan merombak jajaran komisaris lalu direksi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA). Tom Lembong ditunjuk sebagai Komisaris Utama. Dia dinilai kompeten memberikan jejaring yang dimaksud luas untuk penanaman modal pengembangan perniagaan Ancol.

Setelah masa jabatan Anies usai pada 2022, anak buah Anies perlahan mulai dicopoti jabatannya. Termasuk Thomas Limbong, dipecat dari jabatannya sebagai Komisaris Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. pada Rabu, 1 Februari 2023. Pada Juni 2022, Majalah Tempo pernah memberitakan bahwa Tom bagian dari ring satu Anies pada dua tahun terakhir.

Anies memperkenalkan Tom sebagai anggota kelompok Komite Penanaman Modal DKI Jakarta ketika hadir pada berbagai forum diskusi di area luar negeri. Tom juga disebut intens memberi masukan dan juga merumuskan naskah-naskah kebijakan dalam bidang ekonomi. Strategi sektor ekonomi itu akan dipaparkan apabila Anies resmi forward sebagai calon presiden 2024.

Pada 14 November lalu, Tom Lembong resmi menjadi Co-captain pada regu pemenangan nasional AMIN. “Ini sesi baru dari perjuangan untuk menghadirkan pembaharuan di tempat Indonesia,” kata calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan di jumpa pers dalam Jakarta. Tom masuk di 12 orang yang mana menjadi Co-captain.

Belakangan Tom mulai getol mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi yang dulu didukungnya. Salah satunya ihwal kesulitan besar hilirisasi. Menurutnya ada tiga permasalahan inisiatif Jokowi ini. Pertama, Tom mengumumkan proses pengolahan lebih lanjut lapangan usaha yang mana dijalankan ketika ini tiada berorientasi pada pasar. Kedua, inisiatif pengembangan lebih lanjut Jokowi terlalu fokus serta terobsesi pada nikel, baterai, lalu kendaraan listrik.

“Masalah ketiga, dampak lingkungan. Standar lingkungan hidup dalam sektor pertambangan maupun smelter sangat dari yang diperlukan. Setelah nikel dikeluarkan, itu tanah jadi toksik,” kata Tom.

HENDRIK KHOIRUL MUHID  | RIRI RAHAYU | AMELIA RAHIMA SARI | MUTIA YUANTISYA

Sumber : Tempo

Written by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Putri Gus Dur Inayah Wahid Kritik Ucapan Prabowo Subianto Soal Ndasmu Etik

Putri Gus Dur Inayah Wahid Kritik Ucapan Prabowo Subianto Soal Ndasmu Etik

Windy Idol Dihadirkan pada Persidangan Sekretaris MA Hasbi Hasan Hari Hal ini

Windy Idol Dihadirkan pada Persidangan Sekretaris MA Hasbi Hasan Hari Hal ini