in

Jokowi Resmikan TPA pada Malang serta Sidoarjo Garapan PTPP

Jokowi Resmikan TPA pada Malang dan juga Sidoarjo Garapan PTPP

Jakarta – Presiden Joko Widodo PT PP (Persero) Tbk (PTPP) meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Supit Urang Pusat Kota Malang, TPA Jabon Wilayah Sidoarjo, juga TPA Banjardowo Kota Jombang, Jawa Timur. Pada peresmian ini, TPA Supit Urang dan juga TPA Jabon merupakan proyek garapan PTPP.

Diketahui pendanaan proyek ini berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat dengan nilai proyek untuk TPA Supit Urang sekitar Rp237 miliar serta TPA Jabon sekitar Rupiah 384 miliar.

Proyek TPA Supit Urang menempati lahan seluas 5,2 Hektare pada Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Daerah Perkotaan Malang, Jawa Timur dengan kapasitas daya tampung sampah hingga 450 ton per hari. Sedangkan proyek TPA Jabon menempati lahan seluas 29 hektare di tempat Balongtani, Kecamatan Jabon, Wilayah Sidoarjo, Jawa Timur dengan daya tampung sampah mencapai 450 ton per hari.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa pengelolaan sampah tidak hal yang mana mudah. Sehingga model TPA Supit Urang dan juga TPA Jabon yang beroperasi dengan menggunakan teknologi modern dan juga sistem manajemen yang dimaksud baik dapat menjadi contoh tempat lainnya di mengatur sampah.

“Hari ini kita resmikan tiga TPA modern pada Provinsi Jawa Timur yang mana akan membantu persoalan sampah, yaitu pada Daerah Perkotaan Malang, di area Daerah Sidoarjo, juga Wilayah Jombang. Pertama, TPA Supit Urang pada Perkotaan Malang, dibangun dengan anggaran Rp237 miliar, menempati luas landfill 5.2 hektare juga kapasitas landfill-nya 726.000 M3. TPA ini dilengkapi sarana pengelolaan sampah modern dengan daya tampung sampah mencapai 450 ton per hari. Kedua, TPA Jabon di dalam Daerah Sidoarjo dengan anggaran Rp384 miliar, dibangun di dalam lahan seluas 29 Hektare dengan kapasitas 1.650.000 M3 kemudian daya tampung sampahnya mencapai 450 ton per hari. Ketiga, TPA Banjardowo di area Wilayah Jombang yang dibangun dengan biaya Rp203 miliar di dalam luas lahan 4,45 hektare lalu daya tampung sampahnya 110 ton per hari,” kata Jokowi, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023).

“Saya harap dengan beroperasinya tiga TPA ini dapat menurunkan permasalahan sampah dan juga menghurangi pencemaran lingkungan, lalu meningkatkan kualitas lingkungan, juga Kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang digunakan sama, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan bersyukur proyek TPA Supit Urang pada Pusat Kota Malang dan juga TPA Jabon di tempat Wilayah Sidoarjo ini sudah selesai, bermanfaat, dan juga diresmikan secara segera Presiden Joko Widodo.

“Pengoperasian TPA sampah menggunakan teknologi dari Jerman dengan proses sorting, composting, juga sanitary landfill, juga sistem pengolahan air lindi yang digunakan akan meminimalisir dampak pencemaran air, tanah, kemudian udara sehingga ramah lingkungan,” kata Novel.

Selain TPA Supit Urang dan juga TPA Jabon, PTPP juga menyelesaikan proyek TPA Sampah Talang Gulo di dalam Perkotaan Jambi.

“Dengan penyelesaian beberapa proyek TPA membuktikan bahwa PTPP kompeten di sektor Pembangunan Infrastruktur Pengolahan Sampah juga kami optimis dapat menggarap proyek sejenis ke depannya untuk dapat membantu mengatasi permasalahan pengelolaan sampah di tempat Indonesia,” jelas Novel.

Artikel Selanjutnya Jokowi Resmikan Indonesia Arena GBK, Biaya Proyek Rp640 M

Sumber : CNBC

Written by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Video: Eropa Siap-Siap Cegat Nikel China Mulai Awal 2024

Video: Eropa Siap-Siap Cegat Nikel China Mulai Awal 2024

Kasus Covid RI Naik, Cek Aturan Kemenkes Soal Isolasi Mandiri

Kasus Covid RI Naik, Cek Aturan Kemenkes Soal Isolasi Mandiri