in

Jokowi Ajak Anak Muda Ikut Rekrutmen Calon ASN 2024

Jokowi Ajak Anak Muda Ikut Rekrutmen Calon ASN 2024

Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang anak-anak muda untuk mengikuti rekrutmen calon aparatur sipil negara (ASN) 2024. Jokowi menyatakan pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang tersebut trampil dari berbagai disiplin ilmu untuk menyokong pelayanan rakyat berbasis digital hingga efisiensi birokrasi.

Pemerintah Jokowi melalui Menteri Pendayagunaan Apratur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas sebelumya pada Jumat, 5 Januari 2024, telah terjadi mengumumkan formasi rekrutmen ASN tahun ini. Kebijakan pengadaan calon ASN 2024 totalnya sekitar 2.302.543, dengan kuota 690.822 untuk lulusan baru atau fresh graduate.

“Manfaatkan kesempatan dan juga menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi juga pelayanan umum yang digunakan berdampak lalu tambahan baik,” kata Jokowi di keterangan pers di area Istana Negara pada Jumat, diambil dari video Biro Pers Sekretariat Presiden. “Anak muda dibutuhkan untuk menggerakkan peningkatan kinerja kemudian akuntabilitas pemerintah.”

Tes pertama rekrutmen calon ASN akan diselenggarakan pada Mei mendatang. Azwar mengumumkan selain pada Mei, tes rekrutmen calon ASN akan dijalankan tiga kali selama tahun ini.

Selain bagi lulusan baru, kuota rekrumen tersisa adalah 1.605.694 bagi Pegawai eksekutif dengan Perjanjian Kerja (PPPK) – ASN yang tersebut bekerja sesuai dengan hubungan perjanjian yang tersebut berlaku. Rekrutmen PPPK, sesuai dengan upaya pemerintah menata database Badan Kepegawaian Negara sebagaimana amanat UU 20 tahun 2023 tentang ASN. 

Menteri Azwar Anas sebelumnya menjelaskan, keperluan untuk instansi pusat sebanyak 429.183 formasi yang digunakan terbagi melawan CPNS Fresh Graduate atau CPNS umum 207.247. Untuk dosen sebanyak 15.460 formasi, tenaga guru, tenaga kebugaran dan juga tenaga teknis sebanyak 191.787.

Kemudian P3K sebanyak 221.936 untuk tenaga guru, tenaga kebugaran lalu tenaga teknis. Sedangkan keperluan instansi tempat lebih lanjut besar berbeda dengan untuk instansi pusat. 

“Karena total ASN kita di dalam daerah. Itu lebih besar tinggi 70 persen dibandingkan dengan ASN kita yang tersebut ada dalam pusat,” kata Azwar di keterangan pers di tempat Istana Negara pada Jumat.

Kebutuhan instansi tempat sebanyak 1.867.333. Yang terdiri atas: CPNS yang digunakan Fresh Graduate atau CPNS umum. Sebanyak 483.575 formasi untuk tenaga teknis.  Kemudian P3K sebanyak 1.383.758. Tenaga guru sebanyak 419.146. Kemudian tenaga kemampuan fisik sebanyak 417.196 kemudian tenaga teknis sebanyak 547.416.

Pilihan Editor: Tim Ganjar-Mahfud Usul Bansos Ditunda Setelah Pilpres 2024 Bukan Menghentikan, Hal ini Alasannya

Sumber : Tempo

Written by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Suzuki Perkenalkan 3 Kei Car, Ada Swift Supermini hingga Super Carry

Suzuki Perkenalkan 3 Kei Car, Ada Swift Supermini hingga Super Carry

KNKT Investigasi Insiden Tabrakan Kereta pada Cicalengka

KNKT Investigasi Insiden Tabrakan Kereta pada Cicalengka