in

Google Menyerah, Pernyataan Rombak Play Store juga Bayar Mata Uang Rupiah 10,8 T

Google Menyerah, Pernyataan Rombak Play Store juga Bayar Mata Uang Rupiah 10,8 T

Jakarta – Alphabet yang mana merupakan induk Google setuju membayar denda sebesar US$ 700 jt (Rp 10,8 triliun). Raksasa mesin pencari itu juga berikrar untuk menciptakan beberapa inovasi pada toko program Google Play Store.

Hal ini menyusul tindakan hukum monopoli Google yang digunakan dilaporkan beberapa kelompok di tempat Amerika Serikat (AS). Google terbukti secara ilegal memonopoli perangkat lunak melalui layanan Play Store, sehingga membunuh sistem kompetisi yang dimaksud sehat.

Dalam kebijakan pengadilan, Google akan mengalokasikan US$ 630 jt untuk ganti kerugian ke konsumen. Sementara itu, sisanya akan masuk ke kas negara.

Ke depan, para pengembang aplikasi mobile juga boleh menggunakan sistem pembayaran alternatif. Google dilarang memaksakan sistem pembayaran di area Play Store sebagai satu-satunya opsi bagi developer.

Selain itu, Google diminta menyederhanakan proses download program segera dari situs developer. Konsumen punya kebebasan untuk men-download dalam luar Play Store tanpa dipersulit.

Kekalahan Google untuk perkara monopoli Play Store menandai satu dari beberapa perkara yang dimaksud melanda sang raksasa Mountain View. Baru-baru ini, Google juga kalah pada persidangan melawan pengembang perangkat lunak game mobile Epic Games.

Epic Games menuduh Google meraup untung besar dari pengembang aplikasi. Caranya dengan menetapkan potongan komisi yang tersebut tinggi untuk tiap pembayaran item perangkat lunak lewat sistem Google. Pengkode aplikasi mobile pun tak berdaya oleh sebab itu Google miliki kekuatan besar sebagai layanan yang mana mendominasi pasar.

Tak belaka itu, Google digugat Departemen Kehakiman Negeri Paman Sam (DOJ) menghadapi tuduhan melanggar hukum kompetisi untuk mesin pencari lalu iklan digital.

Alphabet kemudian pasukan pengacaranya mengumumkan kesepakatan menghadapi tindakan hukum monopoli Play Store telah ditetapkan sejak September. Namun, pengumumannya baru diadakan sekarang.

Alphabet menyatakan sistem operasi juga toko aplikasinya akan memberikan opsi tambahan bagi pengguna serta kompetitor. Alphabet berjanji akan terus meningkatkan layanan Android lalu Google Play Store.

“Kami senang telah dilakukan mencapai kesepakatan,” kata Google.

Artikel Selanjutnya Memori HP Penuh Tak Usah Hapus File, Google Kasih Solusi

Sumber : CNBC

Written by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Marak Iklan Pencuri Data, Google Pemastian Blokir Total

Marak Iklan Pencuri Data, Google Jaminan Blokir Total

Raksasa China Diam-Diam Cabut dari Amerika, Ada Apa?

Raksasa China Diam-Diam Cabut dari Amerika, Ada Apa?