in

Cara Dapat Kacamata Gratis dari BPJS, Nilai Ganti Sudah Naik!

Cara Dapat Kacamata Gratis dari BPJS, Nilai Ganti Sudah Naik!

Jakarta – BPJS Kesehatan menanggung beragam layanan kesehatan, termasuk alat kesehatan seperti kacamata. Pasien peserta BPJS dengan gangguan penglihatan sesuai indikasi medis akan mendapatkan tanggungan kacamata dari BPJS Kesehatan. Jaminan ini akan diberikan atas rekomendasi dari dokter spesialis mata lalu didukung dengan hasil pemeriksaan mata.

Ukuran kacamata yang dimaksud dimaksud dijamin oleh BPJS Kesehatan minimal 0.5 dioptri untuk lensa spheris juga 0.25 dioptri untuk lensa silindris. Selain itu, kacamata dapat diberikan maksimal 1 kali dalam dua tahun.

Berikut adalah ketentuan klaim kacamata BPJS Kesehatan:

Syarat klaim kacamata pakai BPJS Kesehatan

  • Paling cepat 2 (dua) tahun sekali sesuai indikasi medis
  • Bisa untuk mata minus atau silinder

Nilai ganti kacamata pakai BPJS Kesehatan

  1. Kelas 3: Rp165.000 (sebelumnya semata-mata Rp150.000)
  2. Kelas 2: Rp220.000 (sebelumnya belaka Rp200.000)
  3. Kelas 1: Rp330.000 (sebelumnya semata-mata Rp300.000)

Cara membeli kacamata dengan BPJS Kesehatan:

1. Datangi faskes tingkat I

Sama halnya dengan prosedur layanan yang digunakan lain, Anda perlu memulainya dari prasarana kesehatan (faskes) tingkat I untuk klaim kacamata BPJS. Fasilitas kesehatan yang tersebut digunakan didatangi adalah puskesmas, klinik, atau dokter sesuai dengan yang dimaksud tertera pada kartu BPJS Kesehatan Anda. Setelah itu, mintalah surat rujukan, kemudian tunjukan surat rujukan yang disebut kepada dokter spesialis mata atau poliklinik yang mana dimaksud bekerja identik dengan BPJS Kesehatan.

2. Kunjungi dokter mata

Begitu sampai dalam tempat dokter spesialis mata, peserta BPJS yang dimaksud hal tersebut bersangkutan sanggup semata melakukan pemeriksaan mata sekaligus mendapatkan resep untuk membeli kacamata. Pastikan untuk mendatangi dokter maupun poliklinik yang dimaksud sudah ditunjuk oleh pihak BPJS agar proses pembelian kacamata dapat berjalan lancar juga tanpa kendala.

3. Resep kacamata

Setelah melakukan periksa mata dengan BPJS, Anda akan memperoleh resep kacamata yang mana dibutuhkan. Peserta BPJS Kesehatan harus melegalisir resep dari dokter spesialis yang tersebut disebut agar mampu digunakan.

4. Datangi optik yang dimaksud bekerjasama dengan BPJS

Selanjutnya, cara membeli kacamata pakai BPJS adalah mendatangi optik yang tersebut digunakan bekerjasama dengan BPJS. Di optik BPJS, Anda bisa saja jadi melakukan pembelian kacamata yang tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk proses pembelian ini, sertakan fotokopi KTP juga kartu BPJS Kesehatan. Jika kacamata tak ada tersedia, resep bisa jadi jadi dijadikan acuan untuk memesan kacamata pakai BPJS.

Artikel Selanjutnya Daftar 21 Penyakit & Layanan Kesehatan Tak Ditanggung BPJS

Sumber : CNBC

Written by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Turis China Makin Miskin, Liburan Cuma Ingin Foto Estetik

Turis China Makin Miskin, Liburan Cuma Ingin Foto Estetik

Simak! Ini Tempat Wisata Menarik untuk Liburan Akhir Tahun

Simak! Ini Tempat Wisata Menarik untuk Liburan Akhir Tahun